Mengenal Lebih Jauh Seputar Raw Sugar dan 4 Jenis Gula Lainnya!

Gula merupakan bahan tambahan yang digunakan untuk mempermanis rasa makanan maupun minuman. Kalau kita mengecek dapur kita, mungkin kebanyakan dari kita hanya menemukan gula yang bentuknya menyerupai pasir dan teksturnya agak kasar. Jenis gula yang satu ini dikenal sebagai gula kristal pasir. Namun, tahukah kamu bahwa sebenarnya ada loh jenis-jenis gula lainnya yang bisa kita temui seperti raw sugar? Sebagai inspirasi, berikut ini ada 5 jenis gula yang memiliki karakteristik masing-masing!

1. Gula Mentah

Gula mentah alias raw sugar merupakan merupakan gula yang melalui proses sintesis dari tebu yang nantinya menjadi sukrosa. Karena mentah, gula yang satu ini tidak bisa dikonsumsi secara langsung. Sementara itu, apabila nanti gula ini melalui proses lanjutan lagi, maka gula mentah tersebut kemudian akan menjadi gula rafinasi alias refined sugar. Soalnya, kandungan molase akan dihilangkan sehingga menjadikan gula lebih murni.

2. Gula Rafinasi

Jenis gula yang satu ini merupakan gula yang sebelumnya masih berupa gula mentah. Gula ini memang sudah melalui proses panjang sebelum pada akhirnya bisa dikonsumsi. Berbeda dari gula yang ada di rumah kita, gula rafinasi justru diperuntukkan bagi industri yang memproduksi makanan dan minuman. Karena sudah melalui proses lanjutan, gula rafinasi ini memiliki tingkat kemurnian yang tinggi.

3. Gula Rendah Kalori

Gula yang satu ini merupakan gula yang dibuat dari Maltodextrin. Ada kandungan zat sintetik yang bisa dicerna secara mudah. Beberapa contoh zat sintetik tersebut dapat berupa sakarin, aspartam, stevia, serta sukralosa.

4. Gula Cair

Karena memiliki kandungan 60 persen gula pasir, gula cair ini memiliki kandungan kalori yang tinggi. Maka dari itu, kita pun harus seksama dalam memperhatikan takaran gula yang kita gunakan dari gula cair ini.

5. Gula Coklat

Brown sugar alias gula cokelat merupakan gula yang terbuat dari panduan sisa cairan gula ataupun butiran gula yang memang sengaja dicampurkan dengan cairan gula. Gula cokelat ini biasanya dicampurkan pada minuman maupun untuk adonan kue.